Kamis, 11 Juli 2013

Tuntunan Nabi saw Berbuka Puasa

Beliau saw menyegerakan berbuka puasa dan menganjurkan demikian.




Dari Sahl bin Saad As Sa’idi ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Manusia senantiasa dalam kebaikkan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw menganjurkan berbuka puasa dengan makan kurma. Jika tidak ada kurma, maka diganti dengan air. Ini adalah wujud kesempurnaan kasih sayang pada ummatnya dan nasehat bagi mereka. Sebab, memberi tubuh sesuatu yang manis di saat perut sedang kosong sangat mudah diterima tubuh dan cepat menghasilkan kekuatan. Terutama sekali kekuatan pikiran.

Adapun air, sesungguhnya hati (liver) akan sedikit mengering dengan sebab puasa, jika dibasahi dengan air, maka ia dengan mudah mencerna makanan sesudahnya. Oleh karena itu, hal paling utama bagi yang kehausan dan kelaparan adalah memulai meminum sedikit air, setelah itu dilanjutkan dengan makan.

Rasulullah saw berbuka sebelum melakukan shalat Maghrib. Adapun makanan berbuka puasa beliau adalah kurma basah jika ada, bila tidak ada maka kurma kering, dan bila tidak ada maka dengan beberapa teguk air.

Dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mendapati kurma maka hendaklah berbuka dengannya, dan siapa yang tidak mendapatkannya maka berbukalah dengan air, sesungguhnya dia mensucikan” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, Adu Dawud, dan Ibnu Khuzaimah)m

Dari Salman bin Amir Adh Dhabbi, dari Nabi saw, beliau bersabda, ““Barangsiapa mendapatkan kurma maka hendaklah ia berbuka dengannya, dan siapa yang tidak mendapatkannya maka hendaklah berbuka dengan air, sesungguhnya air mensucikan” (HR Ahmad, Abdurrazzaq, Abu Dawud, At Tirmidzi, dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim, disetujui oleh Adz Dzahabi)

Sumber : Ibnu Qayyim Al Jauziyah, Zadul Ma’ad Jilid 2, Griya Ilmu

0 komentar:

Posting Komentar